Puing-Puing Kapal Kubilai Khan Ditemukan

Arkeolog laut berhasil menemukan bangkai kapal salah satu kapal invasi Kubilai Khan dari abad-13. Kapal ini ditemukan di pesisir Jepang. Para ilmuwan berharap bisa mencipta ulang kapal Yuan Dinasty setelah menemukan bagian kapal sepanjang 11 meter di bawah dasar laut Nagasaki. Legenda Jepang mengklaim, ada ‘dua angin suci’ yang dikenal dengan Kamikaze telah menghancurkan kapal Kubilai Khan.

Profesor arkeologi Yoshifune Ikea dari University of the Ryukyus mengatakan, kapal ini bisa membantu membuat model ulang kapal perang sepanjang 18 meter. "Temuan ini sangat penting untuk penelitian dan kami akan menggunakannya untuk membuat kapal duplikatnya," katanya seperti dikutip DM. Sebanyak empat ribu lebih artefak termasuk pecahan keramik, bata pemberat, bola meriam dan jangkar batu ditemukan bersamaan bangkai kapal tersebut.




Arkeolog Kelautan telah menemukan bagian sepanjang 36 kaki dari armada invasi Mongol Kubilai Khan yang tenggelam di lepas pantai Jepang abad ke-13.




Sejarah: Kubilai Khan melakukan upaya untuk menyerang Jepang dari Korea, namun kedua armada yang dikirimnya hancur karena dilanda topan yang dikenal sebagai 'Kamikaze' atau 'Angin Ilahi'.




Artefak: Beberapa cannonball dan jangkar batu ditemukan di antara ribuan benda di sekitar kapal karam tersebut di lepas pantai dekat Nagasaki.




Ribuan pasukan Mongol, Korea, dan Cina tenggelam atau dibantai oleh samurai Jepang setelah upaya invasi yang gagal pada tahun 1274 dan 1281.




Para ilmuwan menggunakan teknologi ultrasonik untuk menemukan kapal tersebut di bawah dasar laut, di mana ia tetap sangat terjaga dengan baik.




Kubilai Khan mendirikan Dinasti Yuan pada tahun 1271 setelah menyingkirkan oposisi di selatan Cina dan kekaisaran Mongol, menyebar dari Eropa ke pantai Cina pada masa kejayaannya.




Kekuatan invasi: Kedua armada yang berisi puluhan ribu pasukan bersenjata itu telah sukses terhadap para samurai Jepang, tetapi topan menghancurkan mereka.




Armada: 900 kapal berlayar ke Jepang pada invasi pertama, dan dua kekuatan dari 4.400 kapal mengambil bagian dalam invasi kedua yang gagal.




Visi: Kubilai Khan, cucu dari Jenghis Khan, menyatukan Cina di bawah pemerintahannya dan juga memimpin invasi ke Vietnam sebelum kematiannya pada usia 78.




Rute invasi: Kedua armada berangkat dari Korea dengan ribuan tentara di atas kapal untuk menempuh perjalanan sejauh 110 mil antara Busan dan pantai Jepang.

Get This Comment Form